Hari Batik

Posted by Syamsul Arifin On 09.39 0 komentar




Sebagai warisan budaya leluhur bangsa Indonesia, batik menjadi sebuah harta yang sangat berharga bagi Bangsa kita. Tetapi ironisnya, bangsa kita tidak meperhatikan hal itu, bahkan batik sempat diklaim Negara lain sebagai warisan budaya mereka.

Bahkan batik Indonesia sudah dikenal di banyak Negara. Seperti halnya Nelson Rolihlahla Mandela ( Nelson Mandela) sering memakai batik buatan Indonesia, diantaranya ketika beliau bertemu Ratu Inggris. Beliau sering memakai batik buatan Iwan Tirta. yang dikenal dengan sebutan Maestro batik Indonesia.

Batik sendiri adalah salah satu cara pembuatan bahan pakaian. Dalam pembutannya batik bisa mengacu pada dua hal. Yang pertama adalah teknik pewarnaan kain dengan menggunakan malam untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain. Dalam literatur internasional, teknik ini dikenal sebagai wax-resist dyeing.

Pengertian kedua adalah kain atau busana yang dibuat dengan teknik tersebut, termasuk penggunaan motif-motif tertentu yang memiliki kekhasan.
Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi  (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2Oktober, 2009

0 komentar:

Posting Komentar